Tangerang, businessreview.id– Pameran industri dan produk halal terbesar, Halal Fair 2024, resmi dibuka di Hall 1-2 ICE BSD Tangerang pada Jumat (6/12/2024). Acara yang berlangsung hingga Minggu (8/12/2024) ini menawarkan ragam promo menarik, peluang bisnis ekspor, hingga berbagai aktivitas seru yang cocok untuk keluarga dan pelaku UKM.
Halal Fair 2024 menghadirkan lebih dari 150 exhibitor produk halal unggulan, mulai dari makanan, fashion, hingga layanan jasa. Pengunjung dapat menikmati promo spesial, aneka kuliner, hingga rangkaian talkshow dan seminar bisnis yang relevan dengan gaya hidup halal.
Tidak hanya itu, ada hadiah menarik seperti paket umroh yang disiapkan bagi para pengunjung.
Menurut Satrio Sukur, Project Director WPCitra, Halal Fair kali ini menjadi penutup dari rangkaian acara sebelumnya yang digelar di Jakarta dan Yogyakarta.
“Halal Fair 2024 dikemas lebih kreatif dengan nuansa festival, memberikan ambiance liburan akhir tahun. Skalanya juga lebih besar karena berkolaborasi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS),” ujar Satrio dalam sambutannya pada acara pembukaan.
Kolaborasi Internasional untuk Mendorong Ekspor Produk Halal
Halal Fair 2024 juga menjadi wadah jejaring bisnis bagi pelaku UKM halal untuk menembus pasar global. Negara-negara seperti Mesir, Malaysia, Uzbekistan, Australia, dan Tunisia ikut berpartisipasi, membuka peluang kolaborasi dengan pelaku bisnis lokal.
Salah satu acara yang menarik perhatian adalah talkshow bisnis ekspor. Pengunjung dapat mempelajari rahasia sukses ekspor produk halal ke Australia bersama Atase Perdagangan RI di Canberra, Agus Haris Setiawan, serta tips menembus pasar Malaysia dan Mesir langsung dari para praktisi bisnis.

“Halal Fair bisa menjadi wahana memperkuat ekosistem bisnis halal dan gaya hidup halal yang terintegrasi, mulai dari keluarga, komunitas, hingga pasar internasional,” tambah Satrio.
Halal Culinary Festival dan Program Keluarga
Sektor kuliner menjadi daya tarik utama di Halal Fair 2024. Halal Culinary Festival menghadirkan Amanda MasterChef Indonesia dan Heru MasterChef Indonesia dalam sesi Chef’s Table Experience dan Cooking Live Show. Pengunjung dapat mencicipi makanan halal sambil berinteraksi langsung dengan chef, mengikuti talkshow bisnis kuliner halal, serta berbelanja di food market dengan promo spesial.
Untuk anak-anak, tersedia program Koki Cilik di mana mereka bisa belajar membuat donat Jepang dari Nakambun. Selain itu, terdapat RIHLA Kids – Halal Play Park seluas 800 meter persegi yang dirancang khusus untuk anak hingga usia 12 tahun.
Fashion Halal dan Persiapan Ramadhan
Bagi penggemar fashion halal, berbagai brand ternama seperti Vanara, Najaah Taqeeya, Amanaya, dan Hajar menawarkan promo spesial dan koleksi terbaru. Tidak ketinggalan, fashion ikhwan dari Fadkhera, Samase, hingga Esembe turut hadir menyemarakkan acara.
Hiburan dan Kajian Islami
Acara ini juga diramaikan oleh sejumlah public figure, seperti Ricky Harun, Herfiza, Dini Aminarti, dan Uki Kautsar. Selain itu, 12 asatidz memberikan kajian dengan tema seputar keluarga, muamalah, hingga bisnis Islami, yang dirancang kreatif melalui konsep seminar interaktif RIHLA.

Optimisme Halal Fair 2024
Dengan program acara yang beragam dan sajian produk halal berkualitas, Satrio Sukur optimistis acara ini dapat menarik hingga 30 ribu pengunjung selama tiga hari. Loyal sponsor seperti Wardah, Kahf, dan Biodef pun turut berpartisipasi memberikan promo menarik bagi pengunjung.
Baca Juga: Yuk Rayakan Malam Tahun Baru 2025 di The Tavia Heritage Hotel Bersama Yovie and Nuno
Acara ini mendapat dukungan penuh dari BPJPH, LPPOM MUI, MES Jakarta, Kemenparekraf, dan KNEKS, memperkuat komitmen Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia.
“Kami yakin Halal Fair dapat menjadi katalis bagi ekosistem bisnis halal di Indonesia dan mengukuhkan posisi Indonesia di pasar global,” tutup Satrio. (*)